Social Icons

10.29.2013

Rekaman Kegiatan Workshop Pendidikan Karakter

Rekaman Kegiatan

Hari1
Peserta mulai melakukan registrasi, menyerahkan surat tugas dan foto selanjutnya mereka mendapatkan kit peserta yang berupa tas tangan, fotocopy materi, buku panduan, bloknote dan pena. Selanjutnya mereka mengikuti acara pembukaan. Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan ketua panitia yang disampaikan oleh Ketua pelaksana yaitu Bapak Dr.H. Undang Rosidin, M.Pd. Berikutnya adalah pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh penasehat HEPI yaitu Bapak  Dr. Bujang Rahman, M.S. dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya karakter. Beliau mencontohkan bagaimana orang di Jogya, jawa barat, lampung dan palembang ketika menunjukkan alamat.
Selanjutnya beliau menekankan karakter sebagai value internalisasion, beliau juga menambahkan bahwa guru harus mampu berpikir kreatif, berpikir kritis dan berpikir aktif sehingga mampu merancang pembelajaran yang menarik. Sambutan diakhiri dengan pembukaan kegiatan dengan mengucapkan lafaz basmalah dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta.

Selanjutnya adalah istirahat, peserta mendapatkan makanan ringan. Sesi berikutnya adalah kebijakan pendidikan di propinsi lampung yang disampaikan oleh Bapak H.Meladi, M.Si. beliau menyampaikan berbagai kebijakan pendidikan yang dilaksanakan di propinsi lampung, misalnya pembangunan Institut teknologi Sumatera dan Pembangunan Perguruan Al-Kautsar di Lampung Barat.

Sesi dilanjutkan dengan materi kurikulum 2013, yang disampaikan oleh Bapak Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Sebagai pembuka beliau meminta peserta untuk membentuk kelompok, masing-masing diminta untuk merentangkan tangan, tangan kanan membuka dan menghadap kebawah dan tangan kiri menunjuk. Lalu beliau menyebutkan nama-nama binatang, jika binatang buas yang disebut peserta harus menangkap jari telunjuk temannya.

Lalu pada pukul 12.00 break shalat jum'at dan makan siang.
Selanjutnya beliau memaparkan implementasi kurikulum 2013, peserta lalu diminta berkelompok untuk mengindentifikasi membandingkan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Peserta membandingkan hasil diskusi dengan hasil kelompok lainnya.
Sesi berikutnya adalah pembuatan LKS yang disampaikan oleh ibu Dr.Tri Suhartati, M.Pd.

Sesi berakhir pukul 17.30, masing-masing peserta meninggalkan lokasi. Untuk peserta dari luar kota menginap di hotel yang  telah disediakan oleh panitia.


Hari2
Peserta sudah tiba lokasi, selanjutnya memasuki ruangan, narasumber untuk materi Pengembangan media pembelajaran berbasis karakter adalah Bapak Dr. H. Agus Suyatna., M.Pd. kegiatan agak terganggu dengan adanya insiden mati lampu, sehingga kegiatan dipindahkan ke ruang kelas. Peserta diberi paparan tentang berbagai media pembelajaran, selanjutnya mereka harus menentukan media pembelajaran yang dapat mendukung kd-kd tertentu.
Berikutnya adalah sesi Penyusunan RPP berbasis karakter yang disampaikan oleh bapak Dr. H. Ngadimun Hd., M.Pd. beliau memberikan paparan tentang RPP sesuai dengan permendikbud no 65 tahun 2013

Pada sesi berikutnya disampaikan materi tentang pengembangan Instrumen Penilaian berbasis karakter yang disampaikan oleh Dr. H. Eddy Purnomo, M.Pd. setelah beliau menyampaikan paparan dilanjutkan dengan tanya jawab. Pada sesi tanya jawab peserta menanyakan tentang penilaian portofolio.
Peserta meninggalkan ruangan pada pukul 17.30

Hari3
Peserta sudah di tiba di lokasi pukul 7.30, dan memasuki ruangan, materi pengembangan bahan ajar disampaikan oleh Bapak Dr. Wahono, M.Pd. sebelum memulai materi beliau diperkenalkan oleh Bapak Drs.H.Haryanto, M.Si.
Sesi berikutnya adalah workshop pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan dilakukan secara berkelompok sesuai dengan mata pelajaran.

Hari4
Peserta langsung menuju kelompok mata pelajaran, masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan RPP yang
telah dibuat, anggota lainnya memberikan saran dan tanya jawab tentang RPP yang  telah dipresentasikan.

Selanjutnya peserta menyelesaikan administrasi berupa tanda terima honor dan transport, menjawab instrumen evaluasi kegiatan dan evaluasi narasumber.
Kegiatan selanjutnya adalah penutupan kegiatan, kegiatan ditutup oleh Bapak Dr.Ngadimun, M.Pd.

Peserta meninggalkan lokasi, kembali ke rumah masing-masing.